kecilkan semua  

Teks -- 1 Raja-raja 4:1-28 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
Para pembesar Salomo dan para kepala daerahnya
4:1 Maka Salomo menjadi raja atas seluruh Israel. 4:2 Inilah para pembesarnya: Azarya bin Zadok menjadi imam; 4:3 Elihoref dan Ahia, anak-anak Sisa menjadi panitera negara; Yosafat bin Ahilud menjadi bendahara negara; 4:4 Benaya bin Yoyada menjadi panglima; Zadok dan Abyatar menjadi imam. 4:5 Azarya bin Natan mengawasi para kepala daerah; Zabut bin Natan, seorang imam, menjadi sahabat raja; 4:6 Ahisar menjadi kepala istana; Adoniram bin Abda menjadi kepala rodi. 4:7 Salomo mempunyai dua belas orang kepala daerah atas seluruh Israel yang harus menjamin makanan raja dan seisi istananya: adalah tanggungan tiap-tiap kepala daerah untuk menjamin makanan selama sebulan dalam setahun. 4:8 Inilah nama-nama mereka: Ben-Hur di pegunungan Efraim; 4:9 Ben-Deker di Makas, di Saalbim, di Bet-Semes dan di Elon-Bet-Hanan; 4:10 Ben-Hesed di Arubot; wilayahnya ialah Sokho dan seluruh tanah Hefer; 4:11 Ben-Abinadab memegang seluruh tanah bukit Dor, dan Tafat binti Salomo menjadi isterinya; 4:12 Baana bin Ahilud memegang Taanakh, Megido dan seluruh Bet-Sean yang di sebelah Sartan di sebelah hilir Yizreel, dari Bet-Sean sampai Abel-Mehola sampai ke seberang Yokmeam. 4:13 Selanjutnya Ben-Geber di Ramot-Gilead; wilayahnya ialah Hawot-Yair yang di Gilead; Yair ialah anak Manasye. Juga wilayah Argob yang di Basan dipegangnya, enam puluh kota besar, berpagar tembok dan berpalang pintu tembaga; 4:14 Ahinadab bin Ido memegang Mahanaim. 4:15 Selanjutnya Ahimaas di Naftali; ia juga mengambil seorang anak Salomo menjadi isterinya, yakni Basmat. 4:16 Selanjutnya Baana bin Husai di Asyer dan di Alot. 4:17 Lalu Yosafat bin Paruah di Isakhar 4:18 dan Simei bin Ela di Benyamin. 4:19 Geber bin Uri di tanah Gilead memegang tanah Sihon, raja orang Amori, dan tanah Og, raja Basan; dan dialah satu-satunya kepala daerah yang ada di tanah itu. 4:20 Orang Yehuda dan orang Israel jumlahnya seperti pasir di tepi laut. Mereka makan dan minum serta bersukaria.
Kebesaran Salomo
4:21 Maka Salomo berkuasa atas segala kerajaan mulai dari sungai Efrat sampai negeri orang Filistin dan sampai ke tapal batas Mesir. Mereka menyampaikan upeti dan tetap takluk kepada Salomo seumur hidupnya. 4:22 Adapun persediaan makanan yang diperlukan Salomo untuk sehari ialah tiga puluh kor tepung yang terbaik dan enam puluh kor tepung biasa, 4:23 sepuluh ekor lembu gemukan dan dua puluh lembu gembalaan dan seratus ekor domba, belum terhitung rusa, kijang, rusa dandi dan gangsa piaraan, 4:24 sebab ia berkuasa atas seluruh tanah di sebelah sini sungai Efrat, mulai dari Tifsah sampai ke Gaza, dan atas semua raja di sebelah sini sungai Efrat; ia dikaruniai damai di seluruh negerinya, 4:25 sehingga orang Yehuda dan orang Israel diam dengan tenteram, masing-masing di bawah pohon anggur dan pohon aranya, dari Dan sampai Bersyeba seumur hidup Salomo. 4:26 Lagipula Salomo mempunyai kuda empat puluh ribu kandang untuk kereta-keretanya dan dua belas ribu orang berkuda. 4:27 Dan para kepala daerah itu menjamin makanan raja Salomo serta semua orang yang ikut makan dari meja raja Salomo. Mereka membawanya masing-masing dalam bulan gilirannya dengan tidak mengurangi sesuatu apapun. 4:28 Jelai dan jerami untuk kuda-kuda biasa dan kuda-kuda teji dibawa mereka ke tempat yang semestinya, masing-masing menurut tanggungannya.
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  

Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus

Nama Orang dan Nama Tempat:
 · Abda father of Adoniram, Solomon's forced labor boss,a Levite living in Jerusalem in Nehemiah's day
 · Abyatar a son of Ahimelech; a high priest and counselor of David,son of Ahimelech (Ahitub I Ithamar Aaron); counselor of David
 · Adoniram a man who was in charge of David's forced labor,a man who was in charge of Rehoboam's forced labor
 · Adoram a man who was in charge of David's forced labor,a man who was in charge of Rehoboam's forced labor
 · Ahia great grandson of Eli; brother of Ahimelech,son of Shisha; secretary of King Solomon,prophet from Shiloh in Jeroboam's time,a man of Issachar; father of Baasha who killed Jeroboam,son of Jerahmeel of Judah,son of Ehud son of Gera of Benjamin,a man from Beth-Pelet; one of David's military elite,a Levite guard of the Temple treasure under David
 · Ahilud father of Jehoshaphat and Baana
 · Ahimaas father of Ahinoam the wife of Saul,a chief priest; son of Zadok I,son-in-law and food collection officer (Naphtali) of Solomon
 · Ahinadab son of Iddo; food collection officer (Mahanaim) for Solomon
 · Ahisar a man who was in charge of King Solomon's palace
 · Amori members of a pre-Israel Semitic tribe from Mesopotamia
 · anak Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · Anak perempuan Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · anak-anak perempuan Manasye the tribe of Manasseh.
 · Argob an area of Transjordan ruled over by Og king of Bashan (IBD)
 · Arubot a region of lowland Manasseh between Samaria and Carmel (OS)
 · Asyer a tribe of Israel that came from Asher; son of Jacob and Zilpah,the man; son of Jacob and Zilpah,a tribe of Israel or its land
 · Azarya son of Ahimaaz; grandson and successor of Zadok I,son of Nathan; a priest who was chief of Solomons officers,son and successor of king Amaziah of Judah,son of Ethan son of Zerah of Judah,son of Jehu son of Obed of Judah,son of Johanan; descendant of Meraioth I,son of Hilkiah before the exile; high priest Azariah III,a descendant of Hilkiah the priest,son of Zephaniah/Uriel (Korah Levi); forefather of Samuel,son of Oded; prophet under King Asa,second son of Jehoshaphat; brother of King Jehoram,fifth son of Jehoshaphat; brother of King Jehoram,son of Jeroham; a commander who helped enthrone Joash,son of Obed; a commander who helped enthrone Joash,the priest who confronted Uzziah for offering incense,a chief of Ephraim under Israel's King Pekah,father of Joel (Kohath Levi), who served under Hezekiah,son of Jehallelel (Merari Levi). He served under Hezekiah,chief priest, of Zadok's line, under Hezekiah,son of Maaseiah son of Ananiah; a repairer of Nehemiah's wall,a man who accompanied Zerubbabel back to the land of Judah,a scribe who helped Ezra explain the reading of the Law,a priest who signed the covenant to keep God's law,a prince of Judah who led praises to God on the new city wall,son of Hoshaiah; one of the leaders rebelling against Jeremiah,a man exiled from Judah and trained with Daniel in Babylon
 · Baana son of Rimmon and a Benjamite captain of Ishbosheth's army,a man of Netophah; father of Heled, one of David's mighty men.,a leader returned exiles who pledged to keep God's law
 · bangsa Israel the nation that descended from Jacob, whom God named Israel; the Jewish people,son of Isaac son of Abraham; founder of the nation of Israel,the nation of Israel under Moses, Joshua and the judges,the kingdom of Israel under King Saul,the northern tribes under Ish-Bosheth & Abner,the Kingdom of Israel as united under David and Solomon,the Northern Kingdom as divided from Judah, Simeon and Benjamin,the post exile Jewish community; the re-established Israel,the post exile lay community; Israelites other than Levites,Israel in general as in the Psalms and the prophets,the phrase "All Israel",the phrase "Assembly of (United) Israel",the phrase "Border(s) of Israel",the phrase "Children of Israel",the phrase "Congregation of Israel",the phrase "Descendants" or "Offspring of Israel",the phrase "Elders of Israel",the phrase "God of Israel",the phrase "Hill country of Israel",the phrase "Holy One of Israel",the phrase "House of Israel",the phrases "Judge(d) Israel; judge(s) of Israel",the phrase "King of Israel",the phrase "King over Israel",the phrase "Kings of Israel",the phrase "Land of Israel",the phrase "Leaders in/of Israel; take the lead in Israel",the phrase "Man of Israel",the phrase "Men of Israel",the phrase "Mountains of Israel",the phrase "O house of Israel",the phrase "O Israel",the phrase "His people Israel",the phrase "My people Israel",the phrase "Thy people Israel",the phrase "People of Israel",the phrase "Prince(s) in/of/over Israel",the phrase "Reign over Israel",the phrase "Shepherd(s) of Israel",the phrase "Sons of Israel",the phrase "Territory of Israel",the phrase "Throne in/over/of Israel",the phrase "Tribes of Israel",the phrase "Virgin of Israel"
 · bani Benyamin the tribe of Benjamin of Israel
 · bani Dan residents of the town of Dan; members of the tribe of Dan,the tribe of Dan as a whole; the descendants of Dan in Israel
 · bani Manasye the tribe of Manasseh.
 · Basan a region east of Lake Galilee between Mt. Hermon and Wadi Yarmuk
 · Basmat daughter of Elon the Hittite; Esau's second wife,daughter of Ishmael; Esau's third wife and cousin,daughter of Solomon
 · Bealot a town of south-eastern Judah
 · Ben-abinadab an officer of Solomon's over the food supply from Naphath-Dor
 · Ben-Abinadab an officer of Solomon's over the food supply from Naphath-Dor
 · Ben-deker an officer of food supplies for King Solomon
 · Ben-Deker an officer of food supplies for King Solomon
 · Ben-geber an officer of food supplies from Ramoth-Gilead for King Solomon
 · Ben-Geber an officer of food supplies from Ramoth-Gilead for King Solomon


Topik/Tema Kamus: Salomo | Elia | Raja-raja, Kitab-kitab | Raja | Pejabat | Tanah Palestina | Palestina | Upeti, Pajak | Pohon Anggur | Zadok | Binatang | Ramot | Og | Bulan, Untuk Mengukur Waktu | Megido | Istana | Suku Isakhar | Suku Naftali | Sungai | Tentara, Pasukan Israel | selebihnya
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Full Life , BIS , Jerusalem , Ende , Endetn , Ref. Silang FULL

Catatan Rentang Ayat
Matthew Henry , SH

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Full Life: 1Raj 4:24 - DAMAI DI SELURUH NEGERINYA. Nas : 1Raj 4:24 Selama pemerintahan Salomo, Israel sebagai bangsa mencapai puncak kuasa, kedamaian, dan kemakmurannya (ayat 1Raj 4:20-28). Secara p...

Nas : 1Raj 4:24

Selama pemerintahan Salomo, Israel sebagai bangsa mencapai puncak kuasa, kedamaian, dan kemakmurannya (ayat 1Raj 4:20-28). Secara politik dan ekonomi masa pemerintahan Salomo menjadi suatu sukses; akan tetapi, secara rohani tergelincirnya Salomo ke dalam penyembahan berhala menjadikan masa pemerintahannya dianggap suatu kegagalan (1Raj 11:1-8).

BIS: 1Raj 4:26 - tentara berkuda tentara berkuda: Tentara berkuda atau kuda.

tentara berkuda: Tentara berkuda atau kuda.

Jerusalem: 1Raj 4:2-6 - -- Kurang jelas apa yang dimaksudkan dengan gelar yang diterjemahkan dengan "bendahara negara", 1Ra 4:3. Rupanya Yosafat itu semacam pejabat "hubungan ma...

Kurang jelas apa yang dimaksudkan dengan gelar yang diterjemahkan dengan "bendahara negara", 1Ra 4:3. Rupanya Yosafat itu semacam pejabat "hubungan masyarakat" yang berlaku sebagai perantara antara raja dan rakyat. "Kepala istana", 1Ra 4:6, adalah semacam "wazir" atau "perdana menteri"; "sahabat raja", 1Ra 4:5, bukannya sebuah tugas tertentu, tetapi lebih-lebih gelar kehormatan: imam, 1Ra 4:2, ialah kepala para petugas ibadat dan dia dianggap sebagai pejabat negara sama seperti yang lain-lain. Salomo mempertahankan "bendahara" Daud dan memberikan tugas imam kepada anak imam yang bertugas di masa Daud, dan anak panitera Daud, 2Sa 8:16 dst; 1Ra 20:23 dst, diberi tugas yang sama. Nama-nama Elihoref dan Adoniram sebaik-baiknya diperbaiki menjadi Elihaf dan Adoram.

Jerusalem: 1Raj 4:4 - Benaya.... Imam Ini sebuah sisipan yang bagiannya yang terakhir tidak sesuai dengan 1Ra 4:2 dan 1Ra 2:26 dst.

Ini sebuah sisipan yang bagiannya yang terakhir tidak sesuai dengan 1Ra 4:2 dan 1Ra 2:26 dst.

Jerusalem: 1Raj 4:5 - seorang imam Kata-kata ini tidak terdapat dalam beberapa naskah terjemahan Yunani.

Kata-kata ini tidak terdapat dalam beberapa naskah terjemahan Yunani.

Jerusalem: 1Raj 4:6 - kepala istana Terjemahan Yunani menambah: Eliab bin Yoab menjadi panglima.

Terjemahan Yunani menambah: Eliab bin Yoab menjadi panglima.

Jerusalem: 1Raj 4:7 - kepala daerah Ini sebuah lembaga ciptaan Salomo sendiri. Kepala daerah ialah seorang pejabat yang bertugas memungut sumbangan berupa barang dan berupa jasa. Kedua b...

Ini sebuah lembaga ciptaan Salomo sendiri. Kepala daerah ialah seorang pejabat yang bertugas memungut sumbangan berupa barang dan berupa jasa. Kedua belas daerah itu dapat dikelompokkan menjadi tiga kelompok: 1. Wilayah suku-suku Efraim dan Manasye (keluarga Yusuf), 1Ra 4:8, dengan kota-kota penduduk asli negeri Kanaan yang baru direbut atau direbut kembali, 1Ra 4:9-12, tambah daerah seberang sungai Yordan, 1Ra 4:13-14. 2. Wilayah suku-suku di bagian utara negeri, 1Ra 4:15-17. 3. Wilayah suku Benyamin dan Gad, 1Ra 4:18-19+. Adapun wilayah suku Yehuda menjadi daerah istimewa, 1Ra 4:19+.

Jerusalem: 1Raj 4:8 - Inilah nama-nama mereka Daftar ini adalah sebuah dokumen dari arsip raja. Rupanya isi dokumen itu sudah menjadi rusak waktu dipakai penyusun 1Raja-raja. Karena itu nama-nama ...

Daftar ini adalah sebuah dokumen dari arsip raja. Rupanya isi dokumen itu sudah menjadi rusak waktu dipakai penyusun 1Raja-raja. Karena itu nama-nama kepala daerah dalam 1Ra 4:8-11 kurang lengkap dan hanya tersisa nama ayah: bin... Dalam 1Ra 4:9 nama Makas dan Elon-Bet-Hanan kiranya perlu diperbaiki menjadi: Mahas, Ayalon, di Bet-Hanan. Dalam 1Ra 4:11 nama Tafat karena aslinya berbunyi: Tabaat (begitulah bunyinya dalam terjemahan Yunani).

Jerusalem: 1Raj 4:12 - Ayat ini sebaik-baiknya disusun sbb: Baana bin Ahilud memegang Taanakh dan Megido sampai ke seberang Yokmeam, dan seluruh Bet-Sean yang di sebelah hilir Yizreel dari Bet-Sean sampai Abel-...

Baana bin Ahilud memegang Taanakh dan Megido sampai ke seberang Yokmeam, dan seluruh Bet-Sean yang di sebelah hilir Yizreel dari Bet-Sean sampai Abel-Mehola yang di sebelah Sartan.

Jerusalem: 1Raj 4:16 - di Alot Dalam terjemahan Yunani terbaca: tanjakan-tanjakan. Yang dimaksud ialah panti yang bergunung-gunung antara Akra dan Tirus.

Dalam terjemahan Yunani terbaca: tanjakan-tanjakan. Yang dimaksud ialah panti yang bergunung-gunung antara Akra dan Tirus.

Jerusalem: 1Raj 4:19 - di tanah Gilead Dalam terjemahan Yunani terbaca: di tanah Gad

Dalam terjemahan Yunani terbaca: di tanah Gad

Jerusalem: 1Raj 4:19 - di tanah itu Yang dimaksud ialah wilayah suku Yehuda yang diperlawankan dengan "daerah-daerah" di pedalaman. Yehuda jelas mempunyai kedudukan khusus dalam tata adm...

Yang dimaksud ialah wilayah suku Yehuda yang diperlawankan dengan "daerah-daerah" di pedalaman. Yehuda jelas mempunyai kedudukan khusus dalam tata administrasi negara. Begitu kembali jelas bahwa negara Salomo (seperti di masa Daud) sebenarnya sebuah kerajaan persatuan dan bukannya suatu negara kesatuan.

Jerusalem: 1Raj 4:21-34 - -- Urutan bagian ini dalam terjemahan Yunani berbeda dengan urutannya dalam naskah Ibrani. Berdasarkan terjemahan Yunani itu urutannya adalah sbb: 1Ra 4:...

Urutan bagian ini dalam terjemahan Yunani berbeda dengan urutannya dalam naskah Ibrani. Berdasarkan terjemahan Yunani itu urutannya adalah sbb: 1Ra 4:27-28,22-25,20,21,26,29-34. Urutan wajar itu dalam naskah Ibrani terkacau akibat beberapa sisipan: 1Ra 4:24 berasal dari masa pembuangan atau sesudahnya, dan 1Ra 4:25,20 dan 1Ra 21 baru kemudian ditambah dan tidak terdapat dalam terjemahan Yunani.

Jerusalem: 1Raj 4:23 - gangsa piaraan Terjemahan ini dikira-kirakan saja.

Terjemahan ini dikira-kirakan saja.

Jerusalem: 1Raj 4:24 - tanah di sebelah sini sungai Efrat Ialah daerah yang membentang antara sungai Efrat sampai ke Laut Tengah. begitulah daerah itu lazimnya disebut di zaman kerajaan Persia. Di zaman itula...

Ialah daerah yang membentang antara sungai Efrat sampai ke Laut Tengah. begitulah daerah itu lazimnya disebut di zaman kerajaan Persia. Di zaman itulah ayat ini ditambahkan.

Jerusalem: 1Raj 4:26 - empat ribu Ini menurut 2Ta 9:25. Dalam naskah Ibrani tertulis: empat puluh ribu.

Ini menurut 2Ta 9:25. Dalam naskah Ibrani tertulis: empat puluh ribu.

Jerusalem: 1Raj 4:27 - semua orang yang ikut makan Ialah seluruh isi istana, semua pejabat dan pegawai serta pasukan sewaan.

Ialah seluruh isi istana, semua pejabat dan pegawai serta pasukan sewaan.

Ende: 1Raj 4:7 - -- Sulaiman membagikan keradjaannja (hanja Israil?) atas duabelas daerah berhubung dengan padjak dan dinas militer. Pembagian jang baru itu tidak selalu ...

Sulaiman membagikan keradjaannja (hanja Israil?) atas duabelas daerah berhubung dengan padjak dan dinas militer. Pembagian jang baru itu tidak selalu tjotjok dengan pembatasan suku2. Daftar kepala2 daerah itu rupanja sedikit rusak. Kadang2 terdapat hanja nama ajahnja, sedang nama orang sendiri hilang.

Ende: 1Raj 4:19 - negerinja sendiri Terdjemahan ini tidak pasti dan maksudnja tidak terang. Adakah daerah itu Juda atau wilajah milik pribadi radja?

Terdjemahan ini tidak pasti dan maksudnja tidak terang. Adakah daerah itu Juda atau wilajah milik pribadi radja?

Ende: 1Raj 4:22 - -- Ukuran Kor itu tidak pasti diketahui; biasanja dikirakan l.k 364-395 liter

Ukuran Kor itu tidak pasti diketahui; biasanja dikirakan l.k 364-395 liter

Ende: 1Raj 4:23 - ajam-denak Terdjemahan ini tidak pasti.

Terdjemahan ini tidak pasti.

Ende: 1Raj 4:24 - -- Pengarang ajat ini terdapat diseberang sungai Efrat, artinja di Babel. Ajat ini dan djuga teks aseli. Gambar ini sebenarnja sedikit banjak mem-besar2k...

Pengarang ajat ini terdapat diseberang sungai Efrat, artinja di Babel.

Ajat ini dan djuga teks aseli. Gambar ini sebenarnja sedikit banjak mem-besar2kan kenjataan.

Ende: 1Raj 4:26 - -- Untuk tiap2 kereta perang dibutuhkan tiga kuda: dua dipasang dan satu tjadangan. Kereta perang memuat tiga orang.

Untuk tiap2 kereta perang dibutuhkan tiga kuda: dua dipasang dan satu tjadangan. Kereta perang memuat tiga orang.

Ende: 1Raj 4:27 - -- Mulai dengan ajat ini (1Ra 4:20) sampai dengan 1Ra 6:1 bilangan ajat dan djuga kadang susunan teksnja dalam naskah Hibrani berbeda dengan bilangan dal...

Mulai dengan ajat ini (1Ra 4:20) sampai dengan 1Ra 6:1 bilangan ajat dan djuga kadang susunan teksnja dalam naskah Hibrani berbeda dengan bilangan dalam terdjemahan Junani dan Latin (Vlg) (jang berbeda satu sama lain djuga). Dalam terdjemahan Latin fasal 4 (1Ra 4) diteruskan sampai dengan 1Ra 5:14 naskah hibrani, hingga 1Ra 5:1 terdjemahan latin sama dengan 1Ra 5:15 naskah Hibrani. Naskah Hibrani memuat 32 ajat dalam fasal 5, padahal terdjemahan Latin hanja 18. Terdjemahan kami dalam susunan ajat 1Ra 4:20-5:9 menuruti susunan terdjemahan junani, jang lebih logis.

Endetn: 1Raj 4:4 - -- Ajat ini berbunji "Benajahu bin Jojada" mengepalai tentara dan Sadok serta Ebjatar mendjawat imam". Ditinggalkan oleh sebab merupakan suatu tambahan (...

Ajat ini berbunji "Benajahu bin Jojada" mengepalai tentara dan Sadok serta Ebjatar mendjawat imam". Ditinggalkan oleh sebab merupakan suatu tambahan (lih. 1Ra 4:2; 2:35; 4:6; 2:26-27). Dalam ajat 6 terdjemahan Junani menambahkan: "Eliah bin Joab mengepalai tentara".

Endetn: 1Raj 4:5 - -- Ditinggalkan "imam", menurut terdjemahan2 Junani dan Latin.

Ditinggalkan "imam", menurut terdjemahan2 Junani dan Latin.

Endetn: 1Raj 4:12 - sampai sebelah Jokme'am dipindahkan dari sesudah Abelhola "jang terletak kedjurusan Saretan", dipindahkan keachir ajat ini.

dipindahkan dari sesudah Abelhola "jang terletak kedjurusan Saretan", dipindahkan keachir ajat ini.

Endetn: 1Raj 4:20 - -- Ajat ini dipindahkan ke 1Ra 5,5.

Ajat ini dipindahkan ke 1Ra 5,5.

Ref. Silang FULL: 1Raj 4:2 - para pembesarnya // Azarya · para pembesarnya: 1Raj 12:6; Ayub 12:12 · Azarya: 1Taw 6:10; 2Taw 26:17

· para pembesarnya: 1Raj 12:6; Ayub 12:12

· Azarya: 1Taw 6:10; 2Taw 26:17

Ref. Silang FULL: 1Raj 4:3 - menjadi panitera // Yosafat · menjadi panitera: 2Sam 8:17; 2Sam 8:17 · Yosafat: 2Sam 8:16; 2Sam 8:16

· menjadi panitera: 2Sam 8:17; [Lihat FULL. 2Sam 8:17]

· Yosafat: 2Sam 8:16; [Lihat FULL. 2Sam 8:16]

Ref. Silang FULL: 1Raj 4:4 - Benaya // Zadok · Benaya: 2Sam 8:18; 2Sam 8:18 · Zadok: 2Sam 8:17; 2Sam 8:17

· Benaya: 2Sam 8:18; [Lihat FULL. 2Sam 8:18]

· Zadok: 2Sam 8:17; [Lihat FULL. 2Sam 8:17]

Ref. Silang FULL: 1Raj 4:6 - kepala istana // Adoniram // kepala rodi · kepala istana: Kej 41:40; Kej 41:40 · Adoniram: 2Sam 20:24; 2Sam 20:24 · kepala rodi: Kej 49:15; Kej 49:15

· kepala istana: Kej 41:40; [Lihat FULL. Kej 41:40]

· Adoniram: 2Sam 20:24; [Lihat FULL. 2Sam 20:24]

· kepala rodi: Kej 49:15; [Lihat FULL. Kej 49:15]

Ref. Silang FULL: 1Raj 4:7 - orang kepala · orang kepala: 1Raj 4:27

· orang kepala: 1Raj 4:27

Ref. Silang FULL: 1Raj 4:8 - di pegunungan · di pegunungan: Yos 24:33; Yos 24:33

· di pegunungan: Yos 24:33; [Lihat FULL. Yos 24:33]

Ref. Silang FULL: 1Raj 4:9 - di Saalbim // di Bet-Semes · di Saalbim: Hak 1:35 · di Bet-Semes: Yos 15:10; Yos 15:10

· di Saalbim: Hak 1:35

· di Bet-Semes: Yos 15:10; [Lihat FULL. Yos 15:10]

Ref. Silang FULL: 1Raj 4:10 - ialah Sokho // tanah Hefer · ialah Sokho: Yos 15:35; Yos 15:35 · tanah Hefer: Yos 12:17; Yos 12:17

· ialah Sokho: Yos 15:35; [Lihat FULL. Yos 15:35]

· tanah Hefer: Yos 12:17; [Lihat FULL. Yos 12:17]

Ref. Silang FULL: 1Raj 4:11 - bukit Dor · bukit Dor: Yos 11:2; Yos 11:2

· bukit Dor: Yos 11:2; [Lihat FULL. Yos 11:2]

Ref. Silang FULL: 1Raj 4:12 - seluruh Bet-Sean // sebelah Sartan // sampai Abel-Mehola // seberang Yokmeam · seluruh Bet-Sean: Yos 17:11; Yos 17:11 · sebelah Sartan: Yos 3:16; Yos 3:16 · sampai Abel-Mehola: Hak 7:22; Hak 7:22 · s...

· seluruh Bet-Sean: Yos 17:11; [Lihat FULL. Yos 17:11]

· sebelah Sartan: Yos 3:16; [Lihat FULL. Yos 3:16]

· sampai Abel-Mehola: Hak 7:22; [Lihat FULL. Hak 7:22]

· seberang Yokmeam: 1Taw 6:68

Ref. Silang FULL: 1Raj 4:13 - di Gilead // Yair // puluh kota · di Gilead: Bil 32:40 · Yair: Bil 32:41; Bil 32:41 · puluh kota: Ul 3:4

· di Gilead: Bil 32:40

· Yair: Bil 32:41; [Lihat FULL. Bil 32:41]

· puluh kota: Ul 3:4

Ref. Silang FULL: 1Raj 4:14 - memegang Mahanaim · memegang Mahanaim: Yos 13:26

· memegang Mahanaim: Yos 13:26

Ref. Silang FULL: 1Raj 4:15 - Selanjutnya Ahimaas · Selanjutnya Ahimaas: 2Sam 15:27

· Selanjutnya Ahimaas: 2Sam 15:27

Ref. Silang FULL: 1Raj 4:16 - bin Husai · bin Husai: 2Sam 15:32; 2Sam 15:32

· bin Husai: 2Sam 15:32; [Lihat FULL. 2Sam 15:32]

Ref. Silang FULL: 1Raj 4:18 - dan Simei · dan Simei: 1Raj 1:8

· dan Simei: 1Raj 1:8

Ref. Silang FULL: 1Raj 4:19 - tanah Sihon // tanah Og · tanah Sihon: Yos 12:2; Yos 12:2 · tanah Og: Ul 3:8-10; Yos 12:4; Yos 12:4

· tanah Sihon: Yos 12:2; [Lihat FULL. Yos 12:2]

· tanah Og: Ul 3:8-10; Yos 12:4; [Lihat FULL. Yos 12:4]

Ref. Silang FULL: 1Raj 4:20 - seperti pasir // serta bersukaria · seperti pasir: Kej 12:2; Kej 12:2; Kej 32:12; Kej 32:12 · serta bersukaria: 1Taw 22:9

· seperti pasir: Kej 12:2; [Lihat FULL. Kej 12:2]; Kej 32:12; [Lihat FULL. Kej 32:12]

· serta bersukaria: 1Taw 22:9

Ref. Silang FULL: 1Raj 4:21 - Salomo berkuasa // sungai Efrat // batas Mesir // menyampaikan upeti · Salomo berkuasa: 2Taw 9:26; Ezr 4:20; Mazm 72:11; Rat 1:1 · sungai Efrat: Kej 2:14; Kej 2:14; Mazm 72:8 · batas Mesir: Kel 23:3...

· Salomo berkuasa: 2Taw 9:26; Ezr 4:20; Mazm 72:11; Rat 1:1

· sungai Efrat: Kej 2:14; [Lihat FULL. Kej 2:14]; Mazm 72:8

· batas Mesir: Kel 23:31; [Lihat FULL. Kel 23:31]

· menyampaikan upeti: Hak 3:15; [Lihat FULL. Hak 3:15]; Yeh 16:13

Ref. Silang FULL: 1Raj 4:22 - Adapun persediaan · Adapun persediaan: 1Raj 10:5

· Adapun persediaan: 1Raj 10:5

Ref. Silang FULL: 1Raj 4:23 - dan gangsa · dan gangsa: Neh 5:18

· dan gangsa: Neh 5:18

Ref. Silang FULL: 1Raj 4:24 - dari Tifsah // dikaruniai damai · dari Tifsah: 2Raj 15:16 · dikaruniai damai: Yos 14:15; Yos 14:15

· dari Tifsah: 2Raj 15:16

· dikaruniai damai: Yos 14:15; [Lihat FULL. Yos 14:15]

Ref. Silang FULL: 1Raj 4:25 - dengan tenteram // pohon aranya // sampai Bersyeba · dengan tenteram: 1Taw 22:9; Yer 23:6; Yeh 28:26; 39:26 · pohon aranya: Ul 8:8; 2Raj 18:31; Mazm 105:33; Yes 36:16; Yer 5:17; Yoel 2:22...

· dengan tenteram: 1Taw 22:9; Yer 23:6; Yeh 28:26; 39:26

· pohon aranya: Ul 8:8; 2Raj 18:31; Mazm 105:33; Yes 36:16; Yer 5:17; Yoel 2:22; Mi 4:4; Za 3:10

· sampai Bersyeba: Hak 20:1; [Lihat FULL. Hak 20:1]

Ref. Silang FULL: 1Raj 4:26 - mempunyai kuda · mempunyai kuda: Ul 17:16; Ul 17:16

· mempunyai kuda: Ul 17:16; [Lihat FULL. Ul 17:16]

Ref. Silang FULL: 1Raj 4:27 - para kepala · para kepala: 1Raj 4:7

· para kepala: 1Raj 4:7

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

Matthew Henry: 1Raj 4:1-19 - Pejabat-pejabat Salomo Sebuah contoh hikmat yang dikaruniakan Allah kepada Salomo kita jumpai pada bagian penutup pasal sebelumnya. Dalam pasal ini kita mendapati sebuah ...

Matthew Henry: 1Raj 4:20-28 - Persediaan Rumah Tangga Salomo Persediaan Rumah Tangga Salomo (4:20-28) Kerajaan yang demikian, dan istana yang demikian, seperti yang digambarkan sebagai milik Salomo di sini, s...

SH: 1Raj 4:1-20 - Perkembangan yang menjadi bumerang (Senin, 31 Januari 2000) Perkembangan yang menjadi bumerang Di tengah masa pemerintahan Salomo, wilayah kerajaan Israel semakin luas. Bahkan pada masa itu juga janji kep...

SH: 1Raj 4:1-34 - Pemimpin yang berhikmat (Kamis, 29 Juli 2004) Pemimpin yang berhikmat Bagaimana caranya berhasil memimpin bangsa yang besar? Salomo merasakan beban berat untuk melanjutkan kepemimpinan Daud....

SH: 1Raj 4:1-34 - Sumber hikmat (Senin, 29 Juni 2015) Sumber hikmat Tuhan tidak pernah mengingkari janji-Nya. Karena itu, umat boleh memegang janji Tuhan. Tentu umat harus bersandar kepada Dia dalam keta...

SH: 1Raj 4:1-34 - Berbagi Hikmat (Selasa, 16 Februari 2021) Berbagi Hikmat Pada masa pemerintahan Raja Salomo, Israel mengalami zaman keemasan. Raja membuat pemerintahan yang lebih efisien. Maka, penulis Kitab...

SH: 1Raj 4:21-34 - Gajah mati meninggalkan gading, manusia mati meninggalkan...? (Selasa, 1 Februari 2000) Gajah mati meninggalkan gading, manusia mati meninggalkan...? Apa yang paling Anda inginkan dari Anda untuk diingat orang lain, setelah Anda men...

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: 1 Raja-raja (Pendahuluan Kitab) Penulis : Tidak dikenal Tema : Raja-raja Israel dan Yehuda Tanggal Penulisan: Sekitar 560-550 SM Latar Belakang 1 dan 2 Raja-R...

Full Life: 1 Raja-raja (Garis Besar) Garis Besar I. Masa Pemerintahan Salomo (1Raj 1:1-11:43) A. Salomo Menggantikan Daud Sebagai Raja (1...

Matthew Henry: 1 Raja-raja (Pendahuluan Kitab) Begitu banyak sejarah terkandung di dalam Kitab Raja-raja dan pemerintahan mereka, yang mengisahkan secara singkat segenap perkara yang terjadi di ...

Ende: 1 Raja-raja (Pendahuluan Kitab) KITAB RADJA2 PENDAHULUAN Kedua Kitab Radja2 (dalam terdjemahan Junani: III dan IV Keradjaan2; dalam terdjemahan Latin III dan IV Radja2) sesungguhnja ...

BIS: 1 Raja-raja (Pendahuluan Kitab) I RAJA-RAJA PENGANTAR Buku I Raja-raja merupakan lanjutan dari buku Samuel tentang sejarah pemerintahan raja-raja Israel. Sejarah yang dimuat dalam

I RAJA-RAJA

PENGANTAR

Buku I Raja-raja merupakan lanjutan dari buku Samuel tentang sejarah pemerintahan raja-raja Israel. Sejarah yang dimuat dalam buku ini dapat dibagi dalam tiga bagian:

  1. (1) Wafatnya Raja Daud dan pengangkatan Salomo menjadi raja atas Israel dan Yehuda menggantikan Daud.
  2. (2) Pemerintahan Salomo dan hasil-hasil usahanya, khususnya dalam membangun Rumah TUHAN di Yerusalem.
  3. (3) Bangsa Israel terpecah menjadi kerajaan utara dan kerajaan selatan, dan sejarah raja-raja yang memerintah kedua kerajaan tersebut sampai pertengahan abad kesembilan Sebelum Masehi.

Di dalam kedua buku Raja-raja, setiap raja dinilai berdasarkan kesetiaannya kepada Tuhan; dan keberhasilan bangsa adalah akibat dari kesetiaan tersebut. Sebaliknya, penyembahan berhala dan ketidaktaatan mengakibatkan bencana. Berdasarkan penilaian tersebut raja-raja kerajaan utara semuanya gagal, sedangkan raja Yehuda ada yang gagal, ada pula yang tidak.

Yang penting dalam I Raja-raja ialah nabi-nabi Tuhan. Mereka adalah juru bicara Allah yang berani-berani. Mereka memperingatkan raja dan bangsa Israel supaya tidak menyembah berhala dan tidak meremehkan perintah-perintah Allah. Yang menonjol ialah Elia, dan kisah tentang pertarungannya dengan imam-imam Baal (pasal 18 1Raj 18:1-15).

Isi

  1.  Akhir pemerintahan Daud
    1Raj 1:1-2:12
  2.  Salomo menjadi raja
    1Raj 2:13-46
  3.  Pemerintahan Salomo
    1Raj 3:1-11:43
    1. a. Tahun-tahun permulaan
      1Raj 3:1-4:34
    2. b. Pembangunan Rumah TUHAN
      1Raj 5:1-8:66
    3. c. Tahun-tahun terakhir
      1Raj 9:1-11:43
  4.  Kerajaan yang terpecah
    1Raj 12:1-22:53
    1. a. Pemberontakan suku-suku utara
      1Raj 12:1-14:20
    2. b. Raja-raja Yehuda dan Israel
      1Raj 14:21-16:34
    3. c. Nabi Elia
      1Raj 17:1-19:21
    4. d. Ahab, raja Israel
      1Raj 20:1-22:40
    5. e. Yosafat raja Yehuda dan Ahazia raja Israel
      1Raj 22:41-53

Ajaran: 1 Raja-raja (Pendahuluan Kitab) Tujuan Supaya dengan mengetahui isi Kitab I dan II Raja-raja, orang-orang Kristen dapat mengerti bahwa kebahagiaan suatu bangsa atau umat Allah berg

Tujuan

Supaya dengan mengetahui isi Kitab I dan II Raja-raja, orang-orang Kristen dapat mengerti bahwa kebahagiaan suatu bangsa atau umat Allah bergantung pada kesetiaannya terhadap janji Allah.

Pendahuluan

Penulis : Penulis Kitab I dan II Raja-raja tidak jelas disebutkan dalam Kitab ini, tetapi banyak ahli mengatakan bahwa penulisnya adalah Yeremia (nabi).

Isi Kitab: Isi kedua Kitab ini sesuai dengan namanya, menceritakan tentang kehidupan raja-raja Israel.

I. Ajaran-ajaran utama dalam Kitab I dan II Raja-raja

  1. Pasal 1-11 (1Raj 1:1-11:43).

    Pemerintahan Raja Salomo

    Dalam bagian ini dijelaskan, Salomo naik takhta dan memerintah. Ia menuruti pesan Daud, yaitu bertindak seperti seorang laki-laki dan tetap berhubungan dengan Tuhan. Salomo diberi hikmat oleh Tuhan karena sikapnya yang beribadah terhadap Tuhan dan menetapkan pemerintahannya yang bersifat damai dan sejahtera. Salomo juga membangun rumah Tuhan dan istana serta mentahbiskan rumah Tuhan sehingga ia diberkati secara luar biasa, yaitu kepandaian, kemasyhuran dan kekayaan yang bertambah-tambah. Tetapi Salomo terpengaruh oleh istri-istrinya dan ia menyembah berhala sehingga Tuhan marah kepadanya dan menghancurkan kerajaan itu, akhir pasal 11; 1Raj 11:41-43menyebutkan wafatnya Salomo.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal 1Raj 1:32-40.
    2. Bacalah pasal 1Raj 2:1-4. Apakah nasehat-nasehat Raja Daud yang jug bermanfaat bagi saudara?
    3. Bacalah pasal 1Raj 3:3-9. Apakah yang sering saudara minta dalam doa?
    4. Bacalah pasal 1Raj 7:1,51. Tempat apa sajakah yang dibangun Salomo?
    5. Bacalah pasal 1Raj 11:1-13, 41-43. Apakah yang terjadi dengan Salomo pada akhir hidupnya Da mengapa demikian?
  2. Pasal I Raja-raja 12 sampai II Raja-raja 17 (1Raj 12:1-2Raj 17:29).

    Kerajaan yang terpecah Setelah Salomo meninggal, kerajaan Israel terpecah lagi, dan mulai diperintah oleh raja-raja yang memerintah secara jahat, oleh karena itu selalu mengalami kekacauan dan menerima hukuman dari Tuhan. Tetapi karena cinta kasih Tuhan maka manusia selalu diberi peringatan melalui nabi-nabi supaya bertobat.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal 1Raj 12:1-11. Kelompok dibawah pimpinan siapakah yang datang menghada Rehabeam? Dan apakah permintaannya? Apakah usah Rehabeam untuk menjawab permintaan Jerobeam?
    2. Bacalah pasal 1Raj 12:12-20. Nasihat siapakah yang diikuti oleh raja Rehabeam? Dan apakah akibatnya? (kerajaan terpecah menjadi dua 2Raj 12:20).
    3. Bacalah 2Raj 2:1-14. Siapakah dua orang nabi besar yang melayani di Israel? Apakah nabi Elia mati?
    4. Bacalah pasal 2Raj 17:7-23. Ini adalah kehancuran kerajaan Israel. Mengapa terjadi hal itu?
    5. Bacalah pasal 2Raj 24:18-25:7. Ini adalah kehancuran kerajaan Yehuda. Mengapakah terjadi hal ini?

II. Kesimpulan/penerapan

  1. Dalam keadaan jaman yang sesat, Allah selalu memberi jalan kepada umat- Nya untuk bertobat.

  2. Apabila kejahatan terjadi secara luar biasa maka Allah juga memperlihatkan keadilan-Nya dengan hukuman yang luar biasa.

  3. Allah selalu memberkati orang-orang atau bangsa yang takut akan Dia.

Pertanyaan-pertanyaan yang Dapat Digunakan untuk Tanya Jawab

  1. Sebutkan apakah yang diminta raja Salomo didalam doanya!
  2. Siapakah yang mendirikan bait Allah yang pertama?
  3. Siapakah nama nabi yang bertempur melawan nabi-nabi Baal?
  4. Pelajaran rohani apakah yang saudara dapatkan dar Kitab I dan II Raja-raja ini?

Intisari: 1 Raja-raja (Pendahuluan Kitab) Kerajaan Israel bersatu dan terpecah ISI KITABI Raja-raja merupakan bagian pertama dari kisah yang pada mulanya merupakan satu kitab yang menceritaka

Kerajaan Israel bersatu dan terpecah

ISI KITAB
I Raja-raja merupakan bagian pertama dari kisah yang pada mulanya merupakan satu kitab yang menceritakan mengenai kehidupan bangsa Israel selama empat abad sesudah kematian Daud dan pembuangan bangsa Israel ke Babel. Kitab itu menceritakan bagaimana suatu negara yang kuat dan bersatu terpecah menjadi dua; bagaimana kerajaan utara yang lebih besar yang terus menerus berpaling dari Allah akhirnya dimusnahkan; bagaimana Yehuda juga gagal untuk memelihara perjanjian dengan Allah dan bagaimana negeri itu juga dilanda bencana, yang mencapai puncaknya pada penghancuran Yerusalem dan pembuangan besar-besaran ke Babel. I Raja-raja merangkum 120 tahun pertama dari kisah yang lengkap.

SIAPA PENULISNYA?
Kitab ini mungkin ditulis oleh seorang nabi atau sejumlah nabi yang menulis di Babel selama masa pembuangan, sekitar tahun 550 SM. Bahan tulisan diambil dari berbagai sumber, seperti catatan resmi pemerintah atau kumpulan kisah-kisah tentang para nabi yang kemudian disatukan sedemikian rupa untuk memberikan tekanan pada pokok-pokok yang ingin diungkapkan oleh si penulis.

TUJUAN PENULISAN
Dalam I dan II Raja-raja penulis tidak ingin mencoba untuk memberikan suatu kisah yang lengkap dari seluruh peristiwa yang terjadi pada masa itu. Ia menceritakan dengan panjang lebar mengenai peristiwa dan tokoh-tokoh yang dianggapnya penting seperti Salomo atau Elia, tetapi tokoh lainnya hanya diceritakan secara sepintas. Raja-raja hanya menulis mengenai pentingnya peristiwa yang terjadi dalam hubungannya dengan perkembangan kehidupan rohani manusia.

PANDANGAN PENULIS
Masalah yang ditunjukkan oleh penulis ialah betapa pentingnya bagi umat Allah untuk menjaga perjanjian mereka dengan-Nya. Manusia dan bangsa-bangsa keduanya dinilai sampai seberapa jauh mereka mencari dan mengikuti kehendak Allah. Jika mereka mengasihi Allah dan patuh pada perintah-perintah-Nya, maka Allah akan memberkati mereka; jika mereka berpaling dari-Nya, maka bencara akan menimpa mereka. Dalam banyak hal sikap seorang raja dianggap sebagai gambaran dari sikap bangsa itu secara keseluruhan; dalam satu segi seorang raja merupakan wakil dari rakyatnya.

METODE PENULISAN
Kisah mengenai kedua bangsa Israel dan Yehuda mudah diikuti jika kita tahu metode penulisan yang dipakai. Kita selalu diberi kisah baru mengenai setiap negeri secara berurutan. Sebagai contoh, gambaran peristiwa yang terjadi dalam kehidupan seorang raja Israel diikuti oleh kisah raja-raja Yehuda yang naik takhta selama pemerintahannya dan seterusnya.

Pesan

1. Allah adalah Tuhan yang berkuasa sepanjang sejarah
o Rehabeam mencoba untuk tidak mengikutsertakan Allah, dan itu tidak mungkin terjadi. Sebenarnya penghakiman Allahlah yang menyebabkan ia kehilangan sepuluh suku dan bukan disebabkan oleh pemberontakan rakyatnya. Bahkan, sebelum Salomo mangkat Yerobeam telah diangkat oleh Allah untuk memerintah Israel. 1Ra 11:26-12:24
o Ahab telah menyaksikan suatu peragaan kekuasaan Allah pada waktu nabi-nabi Baal dikalahkan di Gunung Karmel. Walaupun demikian, dalam perang Siria, Ahab mencoba untuk menghindari kehendak Allah dengan jalan menyamar; tetapi ia mati seperti apa yang dikatakan Allah. 1Ra 18:1-46; 22:5-40

2. Hanya bekerja untuk Allahlah yang berarti
o Salomo kaya raya, bijaksana dan berkuasa, selama bertahun-tahun ia mengasihi dan melayani Allah, tetapi itu tidak berarti ia dapat berlaku sewenang-wenang. Pada waktu ia berdosa, Allah juga menghukumnya seperti kepada orang lain. 1Ra 3:1-11:43
o Omri adalah seorang raja yang sangat berhasil. Ia memberi Israel sebuah ibukota yang baru dan menempatkan Israel pada peta perdagangan, tetapi Kitab Raja-raja memberikan komentar bahwa ia juga berdosa terhadap Allah. 1Ra 16:15-28

3. Allah dapat dipercaya
o Tuhan memberikan sebuah kerajaan kepada Yerobeam, tetapi ia tidak percaya bahwa Allah dapat menghentikan pelarian bangsanya kembali ke Yehuda. Sebaliknya, ia melanggar perintah Allah dengan membangun sebuah patung emas. Ia mendapati bahwa Allah selalu memenuhi janji-janji-Nya, yaitu memberkati dan menghukum! 1Ra 12:25-14:20
o Apabila Tuhan memberikan suatu tugas, Dia juga akan menyediakan sarana untuk melaksanakannya. Tuhan mencukupi kebutuhan Elia sepanjang musim kering dan menunjukkan kepadanya bagaimana caranya untuk mengalahkan penyembahan kepada Baal. 1Ra 17:1-18:46

4. Allah tidak begitu saja membinasakan umat-Nya
o Tidak taat kepada Tuhan dan menerima hukuman-Nya tidak selalu berarti bahwa kita tidak lagi dapat melayani Dia. Bangsa Yehuda menyadari hal ini setelah kerajaan itu terpecah. Tuhan telah menghukum mereka, tetapi Dia masih tetap Allah mereka dan masih berbicara kepada mereka. 1Ra 12:1-24
o Tidak satu pun dari ketujuh raja Israel pertama yang melayani Tuhan, tetapi Allah masih belum berputus asa terhadap bangsa itu. Dia masih menginginkan penyembahan mereka, dan di atas Gunung Karmel kembali Allah menunjukkan kepada mereka suatu peragaan kuasa-Nya yang besar. 1Ra 18:1-46

Penerapan

I Raja-raja mengajar kita tentang:

1. Hamba Tuhan
Elia menunjukkan kepada kita ciri-ciri seorang hamba Tuhan yang baik:
o Ia mendengarkan perkataan Allah (1Ra 17:1,2,8).
o Ia menantikan waktu Tuhan yang tepat (1Ra 18:1).
o Ia bertindak dengan berani (1Ra 18:7-40).
o Ia berbicara dengan jelas (1Ra 18:21).
o Ia mempunyai kepercayaan penuh terhadap Allah (1Ra 18:30-38).
o Ia sangat patuh kepada perintah Allah (1Ra 18:36).
o Ia gigih (1Ra 18:41-45).

2. Pelayanan Tuhan
o Tuhan tidak selalu memakai alat-alat bantu yang kita inginkan -- Ia memilih seorang janda untuk menolong Elia (1Ra 17:8-16).
o Membantu hamba Tuhan merupakan suatu pelayanan kepada-Nya dan Tuhan menganugerahi pelayanan (1Ra 17:17-24; 18:3-15).
o Tuhan memulihkan hamba-hamba-Nya pada waktu mereka terjatuh (1Ra 19:4-8).
o Satu tugas terselesaikan tidak berarti akan menghadapi hari depan yang sia-sia (1Ra 19:14-18).

3. Rumah Allah
o Dibangun berdasarkan janji Allah. (1Ra 8:15-21).
o Tempat untuk beribadah (1Ra 8:22-26).
o Tidak dapat membatasi Allah (1Ra 8:27).
o Tempat untuk berdoa (1Ra 8:28-40).
o Harus terbuka bagi semua orang dari berbagai negeri (1Ra 8:41-43).

Tema-tema Kunci

1. Kedaulatan Allah
Tema ini bergema dalam keseluruhan isi kitab yang menceritakan bagaimana Allah terlibat dalam sejarah umat manusia. Bacalah 1Ra 8:14-61; 19:9-18; 20:1-30. Apa yang diceritakan oleh pasal-pasal ini mengenai Allah dan kedaulatannya?

2. Kebenaran
Allah mengharapkan umat-Nya taat dan setia. Setelah negeri itu terpecah, I Raja-raja menggambarkan mengenai pemerintahan delapan raja Israel dan empat raja Yehuda. Buatlah daftar raja-raja ini. Berapa orang dari mereka yang melayani Tuhan? Berdasarkan atas apa penulis kitab Raja-raja membuat penilaian terhadap mereka?

3. Kelemahan
o I Raja-raja tidak pernah mencoba untuk memberikan kepada kita gambaran yang sempurna mengenai hamba-hamba Allah. Kita melihat keburukan maupun kebaikan mereka dan Allah menerima serta memakai mereka seperti apa adanya.
Pelajari 1Ra 1:1-3:1; 11:1-13; 19:1-21. Kelemahan apa saja yang dapat Anda temukan dalam diri Daud, Salomo dan Elia?
o Bacalah kisah Raja Ahab dalam 1Ra 18:1-22:40. Dalam 1Ra 21:27-29 kita membaca bahwa ia bertobat, dan oleh sebab itulah maka Allah memperingan hukuman terhadapnya. Menurut Anda mengapa I Raja-raja menggambarkan Raja Ahab sebagai orang jahat dan bukan hanya sebagai orang lemah?

Garis Besar Intisari: 1 Raja-raja (Pendahuluan Kitab) [1] HARI-HARI TERAKHIR DAUD 1Ra 1:1-2:11 1Ra 1:1-4Abisag, jururawat bagi Daud yang sudah tua 1Ra 1:5-53Adonia dan Salomo 1Ra 2:1-9Pesan-pesan Dau

[1] HARI-HARI TERAKHIR DAUD 1Ra 1:1-2:11

1Ra 1:1-4Abisag, jururawat bagi Daud yang sudah tua
1Ra 1:5-53Adonia dan Salomo
1Ra 2:1-9Pesan-pesan Daud terakhir
1Ra 2:10-11Wafatnya seorang raja yang besar

[2] SALOMO: TAHUN-TAHUN PENUH KEMASYHURAN 1Ra 2:12-10:29

1Ra 2:12-46Pemerintahan raja Salomo terbentuk
1Ra 3:1Persekutuan dengan Mesir melalui perkawinan
1Ra 3:2-28Allah menganugerahkan kebijakan dan kekayaan
1Ra 4:1-28Pembenahan perekonomian
1Ra 4:29-34Salomo si penyair
1Ra 5:1-7:51Rencana pembangunan yang megah
1Ra 8:1-66Peresmian Rumah Tuhan
1Ra 9:1-9Janji dan peringatan Tuhan
1Ra 9:10-28Hubungan dengan luar negeri dan masalah tenaga kerja
1Ra 10:1-13Kunjungan kenegaraan Ratu negeri Syeba
1Ra 10:14-29Kekayaan Raja Salomo

[3] PERTENTANGAN, PEMBERONTAKAN, PERPECAHAN 1Ra 11:1-12:24

1Ra 11:1-8Perzinahan dan imoralitas Salomo
1Ra 11:9-13Penghakiman Allah dinyatakan
1Ra 11:14-25Musuh dari luar yaitu Edom
1Ra 11:26-40Ancaman dari Yerobeam
1Ra 11:41-43Kematian Salomo
1Ra 12:1-15Yerobeam menolak untuk berunding
1Ra 12:16-24Bangsa Israel menyatakan kemerdekaannya

[4] DUA NEGERI BARU -- DUA PERMULAAN YANG BURUK 1Ra 12:25-15:24

1Ra 12:25-33Yerobeam membangun mezbahnya sendiri
1Ra 13:1-34Ia mendapat peringatan keras
1Ra 14:1-20Kematian Yerobeam dan putranya
1Ra 14:21-31Pemerintahan Rehabeam yang keji atas Yehuda
1Ra 15:1-8Abiam -- sama seperti ayahnya
1Ra 15:9-24Asa mengembalikan Yehuda pada jalan yang benar

[5] ISRAEL -- SEBUAH NEGARA BERKEMBANG 1Ra 15:25-16:34

1Ra 15:25-31Garis keturunan Yerobeam berakhir pada Nadab
1Ra 15:32-16:7Baesa membawa bangsa Israel ke dalam dosa
1Ra 16:8-14Pemerintahan Ela berakhir dengan adanya kudeta Zimri
1Ra 16:15-28Pemerintahan Omri -- makmur tetapi jahat
1Ra 16:29-34Memperkenalkan Ahab dan Izebel

[6] ELIA -- SEORANG HAMBA ALLAH 1Ra 17:1-19:21

1Ra 17:1-24Musim kering: Elia diselamatkan
1Ra 18:1-16Obaja mengatur pertemuan
1Ra 18:17-40Duel antara Elia dan nabi-nabi Baal
1Ra 18:41-46Berakhirnya musim kering
1Ra 19:1-18Bagaimana Allah menghadapi hambanya yang tertekan
1Ra 19:19-21Elia bergabung dengan Elisa

[7] AHAB -- SEORANG PENGUASA YANG LEMAH DAN SERAKAH 1Ra 20:1-21:29

1Ra 20:1-34Allah memberi kemenangan kepada Ahab
1Ra 20:35-43Seorang nabi memperingatkan Ahab
1Ra 21:1-26Ahab menipu Nabot
1Ra 21:27-29Ahab bertobat

[8] PEPERANGAN DENGAN SIRIA BERKELANJUTAN 1Ra 22:1-53

1Ra 22:1-4Ahab meminta bantuan Yehuda
1Ra 22:5-28Nabi-nabi asli dan palsu saling bertentangan
1Ra 22:29-36Mereka pergi berperang
1Ra 22:37-40Ahab terbunuh
1Ra 22:41-50Yosafat -- raja Yehuda yang baik
1Ra 22:51-53Ahazia -- raja Israel yang jahat
Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #17: Gunakan Pencarian Universal untuk mencari pasal, ayat, referensi, kata atau nomor strong. [SEMUA]
dibuat dalam 0.31 detik
dipersembahkan oleh YLSA